2 Cara Simpan Teh Awet hingga 2 Tahun, Tetap Sedap Saat Diseduh

Teh atau daun teh kering siap seduh biasanya dijual di banyak tempat, seperti pasar, kedai teh, hingga e-commerce. Sama halnya dengan bubuk kopi, teh bisa disimpan lama hingga bertahun-tahun setelah dibeli. Kualitas teh bisa tetap sama bila disimpan dengan cara yang tepat, baik wadah maupun tempatnya. Fachri, pemilik LTG by Esterakyat, kedai teh di Jakarta, membagikan dua cara menyimpan teh agar awet tahunan berikut ini.

1. Simpan di wadah tertutup Gunakan stoples untuk menyimpan bahan makanan atau sajian apapun, termasuk teh kering. Wadah tertutup akan membantu teh terhindar dari bau dan udara yang bisa menurunkan kualitasnya. “Menyimpan teh enggak terlalu repot, yang penting ditutup, jangan terus-terusan kena udara,” kata Fachri.

2. Jauhi teh dari sinar matahari

Simpan teh di mana saja, selama masih di suhu ruang dan jauh dari sinar matahari langsung. Kamu bisa menyimpan teh di meja dapur, lemari dapur, atau tempat penyimpanan khusus bahan makanan. “Simpan di laci pun aman, teh bisa tahan sampai dua tahun setelah dibeli,” ujar Fachri saat ditemui https://www.sirupbregas.com/ di LTG by Esterakyat

3 Cara Seduh Teh yang Tepat, Harum dan Terasa Sedap

Menyeduh teh terlihat sederhana. Padahal, cara seduhnya akan memengaruhi rasa teh dan juga aromanya. Cara menyeduh teh tubruk dan teh celup hampir sama, tetapi ada perbedaan pada durasi membuatnya. Simak cara menyeduh teh yang tepat, dibagikan langsung oleh Fachri, pemilik LTG by Esterakyat, kedai teh di Jakarta, berikut ini.

1. Seduh teh dengan air bersuhu 80 derajat celsius Teh paling tepat diseduh dengan air panas agar bisa terekstrak maksimal, baik untuk aroma maupun rasanya. Fachri menuturkan, sebaiknya seduh teh dengan air bersuhu minimal 80 derajat celsius. Baca juga:

2. Biarkan teh terendam Baik menggunakan teh celup maupun teh tubruk, biarkan teh terendam dalam air panas selama beberapa menit. “Teh celup cukup direndam dua sampai empat menit, habis itu diangkat ampasnya,” ujar Fachri saat ditemui https://www.sirupbregas.com/┬ádi LTG by Esterakyat, Jumat (2/6/2023). Sementara itu, teh tubruk bisa direndam lebih dari empat menit, tergantung keinginan si pembuat teh. Menurut Fachri, selama ampas teh tubruk tidak menggangu, teh ini boleh saja direndam lebih lama sebelum disaring dan disajikan.

3. Gunakan satu teh untuk satu gula Perbandingan teh dan gula juga penting diperhatikan, apalagi untuk kamu yang tidak suka seduhan teh natural tanpa gula. Banyaknya gula sebenarnya bisa disesuaikan dengan keinginan, tetapi ia menyarankan perbandingan satu sendok teh daun teh kering dengan satu sendok teh gula.